cara budidaya atau ternak semut rangrang budidaya,budidaya semut rangrang,budidaya semut kroto,cara panen,membuat bibit semut rangrang,semut rangrang,ternak semut rangrang,ternak kroto,semut rangrang media toples. cara budidaya semut rangrang untuk pemula dengan metode terbaru.: budidaya semut rangrang untuk pemula dengan metode terbaru

Minggu, 26 Oktober 2014

budidaya semut rangrang untuk pemula dengan metode terbaru



 Cara budidaya semut rangrang dengan metode paling efisien


  Sudah sekitar 5 tahun terakhir budidaya semut rangrang mulai merebak di masyarakat. Di berbagai media seperti tayangan televisi dan media massa banyak yang sudah mengisahkan segelintir orang yang sukses dalam budidaya ini. Tetapi hal itu belum sepenuhnya menjamin bahwa budidaya semut rangrang sudah benar-benar ditemukan ilmu dan tata cara budidayanya secara maksimal. Hal tersebut diperkuat dengan belum adanya respon resmi dari pemerintah untuk membantu para pembudidaya  semut rangrang ini. Menurut beberapa teman saya yang berminat meneliti budidaya ini yang didukung dan difasilitasi oleh universitas mereka masing-masing juga mengatakan bahwa budidaya semut rangrang ini masih belum menemukan hasil yang memuaskan. Hal yang harus diperhatikan adalah,jangan terlalu mudah percaya tentang apapun yang berkaitan dengan budidaya semut rangrang jika belum ada bukti. Komunitas budidaya semut rangrang saat ini sudah banyak dimasuki oleh orang yang tidak bertanggung jawab yang nantinya akan membuat anda kecewa.
 Dipasaran,telur/pupa yang di hasilkan semut rangrang yang biasa  disebut KROTO memang banyak di cari orang. Kebanyakan para pecinta burung lah yang memang sangat membutuhkannya,yaitu untuk stamina dan kesehatan burung-burung mereka. Ada juga yang mempergunakan kroto sebagai campuran pakan ramuan umpan ikan yaitu para pemancing mania. Sedangkan di berbagai daerah populasi semut rangrang di alam sudah mulai punah,hal itu disebabkan oleh kerusakan alam dan para pemburu kroto alam yang tidak arif dalam perburuannya. Akhirnya hal itu lah yang menyebabkan kelangkaan kroto diberbagai daerah tertentu dan menyebabkan harga kroto semakin melambung tinggi. Semenjak itu mulailah ada segelintir orang yang memulai dan mencoba membudidayakannya.
Metode awal mula yang dikenal oleh para pembudidaya adalah metode yang saya sebut metode ruangan. Yaitu menangkar semut rangrang didalam sebuah toples yang nantinya disediakan untuk rumah semut rangrang dan koloninya. Sedangkan untuk area tangkarnya menggunakan sebuah rak bertingkat yang kebanyakan terbuat dari kayu. Semua itu di tempatkan disebuah ruangan/kamar. Tetapi metode ini masih diragukan keberhasilannya dikarenakan sampai saat ini belum ada yang mengaku berhasil dengan menggunakan metode ini. Hampir 100% para pembudidaya atau pemula menggunakan metode lama ini.
Sebelum saya menjelaskan lebih lanjut tentang budidaya ini,alahkah baiknya kita mengenal dulu apa itu koloni semut rangrang. Semut rangrang adalah makhluk sosial tingkat tinggi,mereka saling bergotong-royong dalam hal apapun untuk membangun koloni mereka agar bertambah besar. Seperti halnya manusia,semut rangrang pun memiliki tugas masing-masing dalam membangun negara mereka. Saya akan menjelaskan sedikit tentang hal itu dengan VERSI PENAMAAN saya sendiri dari tingkatan yang tertinggi :

1.RATU SEMUT RANGRANG
Tugas ratu semut rangrang menurut versi saya adalah bukan sebagai pemimpin koloni,tetapi sebagai regenerasi kelangsungan habitat koloni tersebut. Ratu semutlah yang berperan besar menghasilkan telur-telur yang nantinya akan berubah menjadi semut rangrang muda,itulah yang disebut kroto. Jadi untuk berapa banyak kroto yang dihasilkan oleh koloni tersebut tergantung dengan berapa banyak ratu yang terdapat di koloni tersebut. Semakin banyak terdapat ratu akan semakin banyak kroto yang dihasilkan. Ukuran tubuh ratu semut adalah yang paling besar diantara yang lain. Berwarna coklat muda untuk ratu yang masih muda,sedangkan yang sudah berusia lumayan tua akan berubah menjadi coklat tua cenderung kehitam-hitaman dengan ukuran perut semakin buncit dan belang-belang.

2.CALON RATU
Bentuk calon ratu  hampir sama dengan ratu semut,bedanya adalah dalam segi warna tubuh yaitu berwarna hijau dan bersayap. Untuk para pemula biasanya banyak yang tidak mengetahui hal ini,mereka menganggap calon ratu adalah ratu. Untuk fungsi calon ratu belum begitu jelas,pengamatan saya selama ini calon ratu tidak menghasilkan telur. Calon ratu nantinya akan tumbuh menjadi ratu dengan berjalannya waktu dengan ciri-ciri awal sayap-sayap mereka akan rontok. Dan sebelum hal itu terjadi biasanya calon ratu tersebut akan terbang terlebih dahulu. Hanya beberapa ekor saja yang telah dipilih oleh koloninya yang nantinya akan mengganti ratu semut mereka yang sudah tua yang nantinya akan mati. Sedangkan yang tidak terpilih oleh koloninya,calon-calon ratu tersebut diharuskan terbang dan pergi dari koloninya sendiri untuk membangun koloni baru disekitar area lama dengan disertai beberapa pengikut setianya. Jadi jangan kaget jika dipenangkaran anda nantinya banyak calon ratu yang dibunuh oleh koloninya sendiri.
3.SEMUT PEKERJA
Semut inilah yang memiliki peranan penting dalam koloninya. Tugas mereka adalah mencari makanan untuk koloni dan ratunya. Semut ini juga bisa menghasilkan telur,tetapi hanya berskala kecil. Besar kecilnya koloni semut rangrang tergantung dengan efektifnya koloni semut pekerja mereka dalam mencari makanan,karena faktor makananlah yang berperan penting dalam kelangsungan hidup koloni. Untuk ciri fisik semut ini tidak memiliki ciri khas,hanya dapat dikenali dengan tingkah laku mereka yang sering keluar masuk sarang untuk mencari makanan di luar sarang. Menurut pengamatan saya,hampir 70% dari populasi koloni adalah semut pekerja.
4.SEMUT PERAWAT
Tugas semut ini adalah  memberi makan dan merawat telur-telur yang dihasilkan dari sang ratu dan anggota lainya. Caranya yaitu dengan cara disuntikan kedalam telur-telur tersebut. Anda jangan salah kaprah dalam hal ini. Sebenarnya semut rangrang makan dalam bentuk cair/dihisap bukan memakan dagingnya. Cairan nutrisi tersebutlah yang nantinya akan disuntikan ke telur-telurnya. Sedangkan makanannya mereka peroleh dari semut-semut pekerja. Jangan heran jika banyak semut rangrang yang seolah-olah saling menyuapi satu sama lain. Karena jika semut pekerja pulang dalam keadaan membawa cairan makanan,mereka akan memberikan kepada semut perawat dengan cara disuapi yang nantinya oleh semut perawat akan disuntikan ke telur-telurnya.
5.SEMUT PENJAGA
Ciri-ciri fisiknya adalah agak kehitam-hitaman dengan ukuran tubuh hampir sama dengan semut pekerja dan perawat. Bedanya adalah semut ini terkesan lebih agresif jika menganggap ada gangguan dari musuh dan biasanya posisi mereka adalah menempatkan diri di sekitar sarang. Tugas mereka adalah sesuai dengan namanya yaitu menjaga koloni mereka dari musuh.
6. SEMUT PEJANTAN/MANDUL
Tugas semut pejantan adalah untuk pengamat keadaan dan situasi sekitar lingkup area koloni mereka. Ciri-ciri fisiknya adalah kecil,berwarna hitam dan bersayap. Banyak orang yang berpendapat bahwa semut pejantanlah yang nantinya bertugas untuk mengawini ratu dan yang lain agar dapat bertelur. Hal tersebut sudah saya buktikan bahwa tidak ada semut pejantan pun,ratu saya tetap bertelur. Pendapat saya adalah ratu semut dikawini oleh semut pekerja,perawat dan penjaga yang berubah menjadi pejantan jika diperlukan untuk mengawini ratu dan jenis mereka sendiri. Pendapat saya adalah fungsi semut pejantan berguna untuk memantau keadaan lingkungan sekitar yang lebih kondusif untuk ditempati dari pada area yang di tempati saat itu oleh koloni dengan cara terbang. Hal itu diperkuat dengan fakta bahwa semut jenis ini tidak selalu ada dalam koloni. Semut ini akan muncul pada saat koloni dalam keadaan krisis makanan dan air. Tugas mereka adalah terbang mencari area baru yang nantinya layak ditinggali oleh koloni mereka  karena tersedianya makanan dan air yang lebih baik dari area yang mereka tinggali sebelumnya. Hal itu bisa menjadi patokan,jika koloni anda banyak keluar semut seperti ini,indikasinya adalah bahwa koloni anda kekurangan ketersediaaan makanan. Jika anda menganggap bahwa anda sudah memberikan cukup makanan untuk koloni semut anda adalah tidak keluarnya semut ini di penangkaran anda. Karena menurut riset dipenangkaran saya,tidak pernah sama sekali keluar semut jenis ini dipenangkaran saya.



CARA BUDIDAYA SEMUT RANGRANG YANG EFISIEN
Pernahkah anda membeli atau berminat membeli bibit semut rangrang apalagi dalam porsi besar??
Kita tinggalkan dulu pertanyaan di atas,umpakan semut rangrang tersebut sebagai ayam. Jika anda berniat berternak ayam dan ingin membeli indukan ayam,apa yang harus anda ketahui?
*bagaimana cara ayam tersebut kawin?
*kapan ayam tersebut bertelur?
*bagaimana cara ayam tersebut bertelur?
*bagaimana cara merawat ayam tersebut agar sehat?
*apa makanan yang baik untuk ayam tersebut agar bertelur banyak?
Itulah sedikit pertanyaan yang mungkin harus anda ketahui sebelum anda berternak ayam. Sama hal nya seperti budidaya semut rangrang,anda juga harus terlebih dahulu memahami/mengerti hal itu agar budidaya semut anda berjalan baik. Jika anda belum tahu tentang hal itu tetapi anda sudah membeli bibitnya itu terlalu beresiko tinggi untuk kerugiannya. Apakah salah jika kita membeli bibit? Tidak,jika memang anda  malas/tidak berniat untuk membuat bibit sendiri. Tapi saran saya,jika memang anda belum benar-benar mengetahui ilmu budidaya,jangan membeli bibit terlalu banyak. Hal itu untuk meminimalisir kerugian anda nantinya.
Jika anda pemula dan ingin memulai budidaya,hal yang pertama dilakukan adalah mencari ilmu nya terlebih dahulu. Mungkin dengan pelatihan,membeli buku panduan atau pun bertanya ke pembudidaya yang sudah ada di daerah anda. Tetapi anda juga harus mempertimbangkan  biaya yang nantinya anda keluarkan untuk mendapatkan ilmu budidaya tersebut. Jika memang terlalu besar/mahal dan belum menjamin keberhasilannya,anda harus berpikir matang-matang.
Budidaya yang paling efisien menurut saya adalah jika memang anda sudah mendapatkan panduan/cara budidaya,mulailah dengan sedikit prakteknya. Contoh dengan membudidaya 5 toples saja. Hal itu dapat meminimalisir kerugian jika budidaya anda nantinya gagal. Biaya bibit pasti murah,apalagi kalau anda membuat bibit sendiri. Untuk biaya pakan juga murah karena tidak harus menyediakan banyak pakan,apalagi jika pakan anda tidak harus beli. Contoh pakan alam yang bisa dipakai adalah ulat-ulatan,binatang melata,serangga dll. Untuk toplesnya tidak harus beli,toples bekas pun bisa dengan syarat dibersihkan dahulu agar steril. Jika nantinya budidaya kecil anda mungkin berhasil,baru anda mengeluarkan modal untuk memperbesar budidaya,hal itu lebih aman.


METODE BUDIDAYA YANG EFISIEN

Sampai saat ini,saya belum mendengar bahwa metode lama (dalam ruangan) sudah ada yang mendapatkan hasil yang baik. Bahkan banyak diantara mereka yang gagal total (tidak keluar krotonya). Semenjak itu,3 tahun lalu tim saya memprakarsai metode baru yang lebih efisien yaitu yang kami sebut METODE SEMI ALAM.
Bedanya dengan metode ruangan adalah METODE SEMI ALAM adalah penggabungan antara metode ruangan dengan alam. Metode ini masih tetap menggunakan toples dan rak untuk budidayanya,tetapi disertai juga dengan sepetak tanah yang nantinya di tanami dengan sayuran. Untuk posisi rak dan toples masih tetap diteduhi dengan sebuah atap,tetapi metode ini juga menyedikan area ruang terbuka dengan lingkungan yang menyerupai alam. Yaitu dengan menanam area tangkar terbuka tersebut dengan sayur-sayuran. Keuntungan metode ini adalah:

1.koloni semut rangrang masih bisa mendapatkan pancaran sinar matahari langsung untuk kesehatan dan keperluan reproduksi. Secara alamiah,koloni semut rangrang di alam tetap terkena pancaran sinar matahari langsung. Inilah menurut saya hal yang menyebabkan metode dalam ruangan kurang efektif. Memang metode dalam ruangan waktu awal mula budidaya tetap ada kroto yang dihasilkan. Kroto tersebut dihasilkan dari telur semut rangrang kecil yang kasat mata yang tidak sengaja terbawa ke penangkaran yang kemudian tumbuh berkembang. Setelah itu,hanya toples kosonglah yang akan didapatkan. Semut rangrang adalah hewan yang hidup di atas tanah,dan filosofi yang di ambil adalah semua makhluk hidup yang hidup di atas tanah pasti membutuhkan sinar matahari untuk kesehatan. Jika tidak sehat,bagaimana mau bertelur??

2.Terbantunya ketersedian makanan untuk koloni. Makanan tambahan nantinya yang diperoleh yaitu hama-hama daun yang terdapat di sayuran nantinya. Untuk zat manis yang biasanya terdapat pada air gula dapat mereka peroleh dari bunga-bunga sayuran tersebut. Pengamatan saya selama ini ternyata hal tersebut juga dapat membantu kesehatan sayuran tersebut Contohnya yaitu sayuran terong dan oyong. Tetangga saya yang menanam sayuran serupa di depan rumahnya tidak bisa panen sayur karena terkena hama daun (kutu putih),ulat dan lalat buah. Bayangkan apa yang terjadi di kebun sayur saya?? Bukan Cuma bisa panen,pohon terong tersebut pun sangat sehat. Daun dan pohonya utuh tanpa tersentuh oleh hama. Semut rangrang kenyang,perut juga kenyang ditambah kantong aman karena pakan si semut bisa dikurangi biayanya. 

3.Kesehatan semut rangrang yang terjaga,metode SEMI ALAM hampir menyerupai alam. Hal itu dapat mengurangi tingkat stres dari semut rangrang. Ada sinar matahari,daun,tanah dan makanan alam berupa hama. Lain halnya dengan metode dalam ruangan,apa yang nantinya bisa didapatkan si semut?? Cuma makanan saja. Hal itu yang menyebabkan si semut stres dan selalu berusaha ingin kabur karena tidak betah. Bagaimana bisa bertelur jika si semut tersebut stres??

Jika memang anda masih bingung dan bertanya-tanya apakah itu metode SEMI ALAM,semua itu bisa anda dapatkan dari hasil penelitian tim kami dan dibentuk dalam sebuah buku yang berjudul “CARA MUDAH DAN CEPAT SUKSES AGRIBISNIS SEMUT RANGRANG” dan SATU-SATU NYA BUKU BUDIDAYA SEMUT RANGRANG YANG DISERTAI CD PANDUAN.

Materi inti yang terdapat di dalamnya adalah??
*cara budidaya semut rangrang dari awal sampai panen dalam bentuk video yang dikemas dalam kepingan dvd.
*cara budidaya semut rangrang dalam 3 metode,yaitu metode semi alam,alam dan ruangan secara lengkap.
*cara membuat bibit sendiri secara benar.
*tips menghadapi kendala dalam budidaya
Untuk buku CARA MUDAH DAN CEPAT SUKSES AGRIBISNIS SEMUT RANGRANG sekarang sudah tersedia di toko buku seluruh indonesia seperti : GRAMEDIA,GUNUNG AGUNG, dan masih banyak lagi.


Untuk harga buku berkisar antara : 30ribu-35ribu rupiah saja
Atau jika kehabisan stok anda dapat pesan langsung via online ke blog dibawah ini:

belibukusemut.blogspot.com

atau langsung ke saya sendiri dengan via sms ke 0812 8082 7474
harga rp 35ribu rupiah (blm termasuk ongkir) 

UNTUK MEMESAN LEWAT GRAMEDIA ONLINE,SILAHKAN KLIK LINK DI BAWAH INI
 Tetapi untuk sementara status buku ini limited stock,jadi untuk waktu pengiriman buku ini digramedia sedikit lebih lama.
Cara Mudah&Cepat Sukses Agribisni Semut Rangrang+Cd( gramedia online) (STATUS LIMITED STOCK) 
 

 

4 komentar:

  1. The Best Casino Games For Mobile and Tablet Devices - DRM
    Mobile games by the 양주 출장안마 majority of mobile 울산광역 출장안마 casinos are available on desktop, while mobile casino games are available on mobile devices. While Mobile Casino Apps: 1 구미 출장안마 Mobile 양주 출장마사지 CasinosMobile 과천 출장샵 Mobile Apps: 1Mobile Casino Apps

    BalasHapus
  2. No Deposit Bonus Code at Grades Casino
    The online 바카라 사이트 casino offers herzamanindir 100 free wooricasinos.info spins without deposit for no wagering requirements. This bonus is gri-go.com one of the most nba매니아 popular and most well-known

    BalasHapus